Banyuwangi, Actanews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi terus menggencarkan upaya sosialisasi Pilkada 2024 dengan target menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk di daerah-daerah terpencil. Dipimpin oleh Enot Sugiarto, selaku Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Banyuwangi fokus untuk memastikan seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi ini.
Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai lebih dari 1,3 juta jiwa, KPU Banyuwangi berupaya menjangkau wilayah-wilayah yang sulit diakses seperti Sukomade dan lereng Gunung Raung. “Kami tidak hanya fokus di daerah perkotaan, tapi juga ke pelosok untuk memastikan semua masyarakat, termasuk yang di daerah terpencil, mendapatkan akses informasi terkait Pilkada,” ujar Enot Sugiarto, Selasa (24/9/2024).
KPU Banyuwangi telah menggelar berbagai kegiatan sosialisasi, seperti Jalan Sehat dan Kirab Maskot Pilkada di setiap kecamatan, disusul sholawatan yang berkolaborasi dengan kelompok masyarakat. “Kami ingin memastikan bahwa anggaran yang kami gunakan untuk sosialisasi ini benar-benar efektif dan tepat sasaran, demi mencapai target partisipasi pemilih yang optimal,” lanjutnya.
Selain itu, KPU Banyuwangi juga melibatkan berbagai pihak, mulai dari organisasi masyarakat hingga media lokal, untuk memastikan aspirasi masyarakat terserap dengan baik. Menurut Enot, keterlibatan berbagai elemen ini krusial dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas selama proses Pilkada.
Sosialisasi ini akan terus dilakukan hingga menjelang pemungutan suara pada 27 November 2024. “KPU Banyuwangi juga mengadopsi pendekatan-pendekatan yang lebih inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman, untuk menarik perhatian pemilih. Dengan target partisipasi minimal sebesar 86 persen,” pungkas Enot.